Kamis, 15 Oktober 2009


Pebulutangkis Malaysia Remehkan Simon Santoso

TEMPO Interaktif, Kuala Lumpur: Meski baru menjuarai Taiwan Terbuka, Simon Santoso diragukan bisa menjadi batu sandungan bagi pebulutangkis nomor satu dunia asal Malaysia, Lee Chong Wei, di Jepang Terbuka. Menurut pemain Malaysia Mohd Roslin Hashim, Chong Wei justru akan kesulitan menghadapi pemain Indonesia lain, Taufik Hidayat atau Sonny Dwi Kuncoro.

Pada akhir pekan lalu, Simon meraih gelar pertama sepanjang karier ketika menjuarai Taiwan Terbuka. Di final, Simon mengalahkan Roslin Hashim 21-18, 13-21, 21-10.

Sebelum menang di Taiwan Terbuka, prestasi terbaik Simon di ajang internasional adalah juara kedua Swiss Terbuka 2007, SIngapura Terbuka 2008, dan Indonesia Terbuka 2008.

Keberhasilan tersebut membuat Simon diprediksikan menghadapi Chong Wei di babak perempat final Jepang Terbuka. Selain Simon, Chong Wei juga mungkin bertemu Taufik Hidayat dan Tommy Sugiarto sebelum sampai di final. Jepang Terbuka sendiri digelar 16-21 September.

Meskia Simon baru saja menjuarai Taiwan Terbuka, Roslin Hashim menganggap Chong Wei akan lebih mudah melewati Simon ketimbang Taufik ataupun Sonny Dwi Kuncoro. "Jika melihat penampilannya saat ini, Chong Wei seharusnya menang melawan Simon," ujar Roslin seperti dikutip The Star, Selasa (16/9).

Chong Wei, lanjut Roslin, akan menghadapi perlawanan yang sulit menghadapi Taufik atau Sony karena keduanya bertekad menebus kekecewaan saat gagal di Olimpiade Beijing 2008.

Taufik, yang baru sembuh dari demam berdarah, dikalahkan pemain Malaysia Wong Choong Hann di putaran pertama Olimpiade Beijing 2008. Sementara, Sony dikalahkan Chong Wei di perempat final.

Selain pebulutangkis asal Indonesia, Chong Wei mungkin mendapat perlawanan sengit dari pemain Denmark Peter Gade-Christensen dan pemain Thailand Boonsak Ponsana. Cina sendiri tidak menurunkan pemain-pemain andalan mereka di Jepang Terbuka. Mereka hanya menurunkan pemain lapis kedua seperti Chen Yu, Lu Yi, dan Gong Weijie.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar